Mengapa kreatifitas begitu bermakna dalam hidup ?

Menurut saya kreatifitas itu sangat bermakna, karena kreatifitas adalah sumber kehidupan, hidup adalah kreatifitas masing-masing individu. Dengan adanya kreatifitas, hidup seseorang akan berbeda-beda. Selalu ingin menciptakan hal baru dan belum pernah dilakukan oleh orang lain. Orang yang hidupnya mempunyai kreatifitas adalah orang yang sangat suksek, karena selalu mencari hal-hal baru untuk ditunjukan.

Tapi saat kita berkreasi ada kalanya kita salah, dari kesalahan itu lah seseorang dapat mempelajari kembali apa yang harus diperbaiki. Kreatifitas bukan sekedar karya-karya yang ditampilkan, tapi dibelakang karya itu lah yang lebih penting dan harus kita pelajari, yaitu kerja keras, karena tanpa adanya kerja keras, seseorang tidak dapat membuat kreatifitas.

Mengapa kreatifitas harus dipupuk sejak dini ?

Agar setiap orang dapat mempunyai kreatifitas masing-masing.  dan untuk mengajarkan kepada setiap anak, pentingnya kreatifitas.

bagaimana peranan atau strategi 4p untuk anak kreatif ?

4p adalah pribadi, pendorong, proses produk.

1. Pribadi

Ini adalah tahap pertama yang dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan pribadi anak dengan mengajarkan kreatifitas untuk anak itu.

2. Pendorong

Disini orang tua mempunyai peran sebagai pemberi motivasi kepada anaknya. memotivasi anak untuk berkreasi, bukan dengan memaksa tetapi dengan dorongan semangat untuk menumbuhkan rasa percaya diri si anak.

3. Proses

Ditahap ini anak sedang melakukan kreatifitasnya. Anak akan merasa senang jika apa yang ia buat dipuji oleh orang tua, sebagai orang tua, janganlah meremehkan dan menuntut lebih dengan kreatifitas anaknya. Tapi sejalan dengan pembelajaran, orang tua wajib mengajarkan hal-hal yang masih kurang kepada anaknya.

4. Produk

Pada tahap ini anak sudah dapat membuat karyanya sendiri. hargai lah apa yang telah dibuat oleh anak anda untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

strategi 4P bisa membantu mengembangkan kreativitas anak Indonesia agar anak Indonesia menjadi anak kreatif yang mampu menciptakan karya anak bangsa yang membanggakan dan berguna bagi masa depan mereka kelak.

Guilford (1967) menyatakan bahwa intelejensi berkaitan dengan berpikir secara konvergen, sedangkan kreativitas adalah berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk berpikir divergen. Bagaimana menurut ada mengenai pernyataan diatas !

menurut saya, suatu intelejensi tidak dapat diubah, terpusat pada satu titik acuan, sedangkan kreatifitas adalah suatu yang selalu berkembang, bercabang. jadi kreatifitas bukan lah hal yang konvergen, karena kreatifitas tidak terpusat pada apapun.

Berikan contoh 3 perilaku kreatif yang mencerminkan Teori Freud (psikoanalisis) & Teori Kris (mekanisme pertahanan)!

1. teori freud (psikoanalisis)

sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=9167&MediaType=I