Pengertian lintas budaya menurut para ahli :

  • Koentjaraningrat (2002) : seluruh total dari pikiran, karya, dan hasil karya manusia yang tidak berakar kepada nalurinya, dan yang karena itu hanya bisa dicetuskan oleh manusia sesudah proses belajar.
  • Menurut Segall, Dasen dan Poortinga (1990) : kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya.
  • Matsumoto, (2004) : Dalam arti luas, psikologi lintas budaya terkait dengan pemahaman atas apakah kebenaran dan prinsip-prinsip psikologis bersifat universal (berlaku bagi semua orang di semua budaya) atau kah khas budaya (kultur spesifik, berlaku bagi orang-orang tertentu di budaya-budaya tertentu)

 

HUBUNGAN ANTARA PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA DENGAN DISIPLIN ILMU LAIN

  1. Psikologi indigenous dengan psikologi lintas budaya

Indigenous psychology didefinisikan sebagai pandangan psikologi yang asli pribumi dan memiliki pemahaman mendasar pada fakta-fakta atau keterangan yang dihubungkan dengan konteks kebudayaan setempat.

       2.  Psikologi budaya dengan psikologi lintas budaya

Psikologi Budaya adalah studi tentang cara tradisi budaya dan praktek sosial meregulasikan, mengekspresikan, mentransformasikan dan mengubah jiwa manusia. Persamaan Psikologi lintas budaya dan Psikologi budaya adalah sama-sama melihat persamaan bagaimana budaya dapat mentransformasikan dan mengubah jiwa seseorang.

       3.  Antropologi dengan psikologi lintas budaya

Psikologi lintas budaya dan antropologi sering tumpang tindih, baik disiplin cenderung memfokuskan pada aspek yang berbeda dari suatu budaya. Sebagai contoh, banyak masalah yang menarik bagi psikolog yang tidak ditangani oleh antropolog, yang memiliki masalah mereka sendiri secara tradisional, termasuk topik-topik seperti kekerabatan, distribusi tanah, dan ritual. Ketika antropolog melakukan berkonsentrasi pada bidang psikologi, mereka fokus pada kegiatan dimana data dapat dikumpulkan melalui pengamatan langsung, seperti usia anak-anak di sapih atau praktek pengasuhan anak. Namun, tidak ada tubuh yang signifikan data antropologi pada banyak pertanyaan yang lebih abstrak sering ditangani oleh psikolog, seperti konsepsi budaya intelijen.

SUMBER

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_lintas_budaya

http://jebhy.blogspot.com/2008/11/psikologi-lintas-budaya.html

http://mhikkyu.blogspot.com/2011/10/psikologi-lintas-budaya.html

http://tiwipratiwi07.wordpress.com/2012/01/12/psikologi-lintas-budaya/